Contoh Surat Undangan Resmi

Contoh Surat Undangan Resmi - Hallo sahabat contoh surat, Pada sharing kali ini yang berjudul Contoh Surat Undangan Resmi, saya telah menyediakan artikel. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia artikelnya.

judul : Contoh Surat Undangan Resmi
judul surat : Contoh Surat Undangan Resmi

lihat juga


Contoh Surat Undangan Resmi

Contoh Surat Undangan Resmi - Pada Kesempatan yang lalu saya telah berbagi Contoh Macam Surat Niaga, diantaranya ialah Surat Pemesanan Barang dan Surat Perkenalan Produk Perusahaan. Sedangkan pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang Contoh Surat Undangan Resmi.

Gambar Contoh Surat Undangan Resmi

Dikatakan surat resmi tentu dikarenakan penggunaannya untuk kepentingan resmi, baik untuk perseorangan, instansi, maupun organisasi. Surat resmi dapat berupa Undangan, Surat Pemberitahuan maupun Surat Edaran. Ciri dari Surat Resmi adalah:
  1. Menggunakan kop surat apabila dikeluarkan organisasi
  2. Ada nomor surat, lampiran, dan perihal
  3. Menggunakan salam pembuka dan penutup yang lazim
  4. Penggunaan ragam bahasa resmi
  5. Menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi
  6. Ada aturan format baku
Adapun bagian dari surat resmi dapat berupa:
  1. Kepala/kop surat. Kop surat terdiri dari Nama instansi/lembaga, ditulis dengan huruf kapital/huruf besar, alamat instansi/lembaga, ditulis dengan variasi huruf besar dan kecil dan Logo instansi/lembaga.
  2. Nomor surat yakni urutan surat yang dikirimkan
  3. Lampiran, berisi lembaran lain yang disertakan selain surat
  4. Hal, berupa garis besar isi surat
  5. Tanggal surat (penulisan di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat)
  6. Alamat yang dituju (jangan gunakan kata kepada)
  7. Pembuka/salam pembuka (diakhiri tanda koma)
  8. Isi surat. Uraian isi berupa uraian hari, tanggal, waktu, tempat, dan sebagainya ditulis dengan huruf kecil, terkecuali penulisan berdasarkan ejaan yang disempurnakan (EYD) haruslah menyesuaikan.
  9. Penutup surat. Penutup surat, berisi salam penutup, jabatan, tanda tangan dan nama (biasanya disertai nomor induk pegawai atau NIP)
  10. Tembusan surat, berupa penyertaan/pemberitahuan kepada atasan tentang adanya suatu kegiatan (Sumber: id.wikipedia.org)
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa surat resmi dapat berupa Undangan, Surat Pemberitahuan maupun Surat Edaran, oleh karena itu di kesempatan ini saya hanya akan membagikan Contoh Surat Undangan Resmi. Dan untuk contoh surat resmi lainnya akan saya bagikan pada kesempatan yang akan datang. Berikut Contoh Surat Undangan Resmi:

Contoh Surat Undangan Resmi Sekolah
PEMERINTAH KABUPATEN ACEH BESAR 
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 3 ABC
Jln. Selalu Rusak, Aceh Besar, 23371 

12 November 2014

Nomor : 033/130/SMP/VII/2014
Hal : Rapat Dinas
Sifat : Sangat Penting

Yth. Bapak/Ibu Guru dan Staf Pegawai
SMU Negeri 3 ABC
di
   Tempat

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Sehubungan dengan adanya hal yang harus kita bicarakan, bersama ini kami mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri rapat dinas untuk membicarakan tentang:

1. Persiapan UAS sementer genap Tahun Pelajaran 2013 - 2014
2. Persiapan menjelang diberlakukan untuk Kelas 1.

Adapun acara tersebut Insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Sabtu/15 November 2014
Pukul : 08.00 s.d 14.00
Tempat : Ruang pertemuan SMP 1 ABC
Demikian surat ini kami sampaikan. Semoga Bapak/Ibu dapat memakluminya.Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu,kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Kepala SMPN 3 ABC


Ikhsan SH,I

Contoh Surat Undangan Resmi Perusahaan
Nomor : 005/123/ABCD/IV/2014
Hal         : Undangan Rapat
Lampiran  : -

Kepada Yth:
Ibu Adil Umara
Manajer Marketing
PT. ABCD

Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya acara peringatan ulang tahun perusahaan, maka bersama ini kami mengundang seluruh Manajer PT. ABCD untuk hadir dalam rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Sabtu, 15 November 2014 
Waktu           : 09.00 - 11.30 WIB
Tempat         : Gedung Serbaguna

Demikian undangan ini kami sampaikan, mengingat pentingnya acara ini maka Bapak/Ibu dimohon kehadirannya tepat pada waktunya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami
Ketua Panitia


Ikhsan

Itulah beberapa Contoh Surat Undangan Resmi yang bisa kami sajikan kali ini, mudah-mudahan bisa menjadi referensi bagi Anda dalam menyusun Surat Undangan Resmi. Akhir kata semoga yang saya bagikan kali ini bisa bermanfaat pastinya untuk para pembaca. Terimakasih.


Demikianlah Artikel Contoh Surat Undangan Resmi

Sekian Artikel Contoh Surat Undangan Resmi, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan contoh surat kali ini.

Anda sedang membaca artikel Contoh Surat Undangan Resmi dan artikel ini url permalinknya adalah http://viksknits.blogspot.com/2014/11/contoh-surat-undangan-resmi.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Contoh Surat Undangan Resmi"

Posting Komentar